Friday, February 1, 2019

Review KA : Mengenal K3 Premium 2017

Halo netizen semua....
di awal tahun yang baru ini, mari kita lanjutkan review kita mengenai sarana kereta penumpang yang sekarang beroperasi di Indonesia. Setelah postingan sebelumnya mengenai Kereta Ekonomi ( K3 ) New Image 2016, sekarang kita bahas kereta K3 penerusnya yaitu K3 Premium 2017. Seperti apa sih K3 Premium 2017 ??? mari kita bahas bersama-sama.

Kehadiran K3 New Image 2016 pada awalnya adalah untuk menciptakan kereta ekonomi generasi baru yang di harapkan bisa menggantikan kelas Bisnis. Namun setelah beroperasi terutama untuk KA jarak jauh yaitu pada KA Mutiara Selatan dan KA Fajar/ Senja Utama Jogja, ternyata muncul banyak keluhan dari penumpang. Penumpang banyak yang mengeluh mengenai sempitnya leg room atau jarak antar kursi dengan kursi depannya serta ketidak nyamanan di area kaki yang membentur frame kursi didepannya. Berbagai keluhan yang masuk akhirnya membuat PT.Kereta Api ( PT.KAI ) berinisiatif memesan kembali kereta ekonomi yang lebih nyaman dari K3 New Image 2016. Oleh PT. Industri Kereta Api ( PT.INKA ) selaku produsen akhirnya menyempurnakan kembali desain K3 New Image dengan mengeluarkan produk baru yaitu K3 2017. Karena fasilitas yang lebih baik dari K3 2016 maka oleh PT.KAI untuk K3 2017 ditetapkan kelas baru yaitu kelas Premium, kelas diatas Ekonomi namun bukan kelas bisnis.

K3 Premium 2017 mempunyai kapasitas Penumpang dan Konfigurasi tempat duduk yang sama dengan K3 2016. Namun pada K3 Premium 2017, ruang penumpang lebih luas dengan mengurangi luas Toilet, sehingga jarak antar kursi bisa sedikit lebih lebar. kemudian frame kursi juga di ubah sehingga lebih leluasa bagi penumpang untuk meluruskan kaki ( selonjor ). Selain itu kursi pada K3 Premium 2016 merupakan jenis reclining, sehingga bisa diatur sudut kemiringannya walau tidak sampai semiring kursi kelas Eksekutif. Kemudian pada K3 ini terdapat lampu baca dan lampu LED kecil pada rak bagasinya serta terdapat TV lebih banyak yaitu 6 unit di setiap kereta. Sama seperti K3 2016, K3 baru ini terdiri dari 11 kereta dalam 1 Trainsetnya yaitu 8 K3 dengan 80 Tempat duduk, 2 K3 ramah difabel dengan 64 tempat duduk dan 1 Kereta Makan Pembangkit Listrik. Untuk eksterior K3 Premium 2017 berbeda dengan standar stripping PT.KAI, yaitu warna putih dengan striping merah dan lambang bunga di tengah-tengah.

Gambar 1. Eksterior K3 Premium 2017

Gambar 2. Interior K3 Premium 2017



Salah satu keunggulan dari K3 premium  2017 adalah kursi yang dapat di miringkan seperti halnya pada kereta kelas Eksekutif. Namun sudut kemiringannya tidak sebesar kursi kelas Eksekutif karena jarak kursi yang lebih kecil. Hal ini dirasa lebih nyaman daripada kelas Ekonomi generasi sebelumnya yang sudutnya tegak 90 derajat atau sedikit miring tapi fix pada K3 New Image 2016.Kursi pada K3 Premium dapat di miringkan lebih dari 100 derajat namun tidak sampai lebih dari 120 derajat. Walau sedikit namun sudah di rasa nyaman serta tidak mengganggua penumpang yang ada di belakangnya. kemudian interior juga lebih mengkilap atau sedikit glossy dan ditambah adanya lamlu baca serta lampu pada rak bagasi sehingga menambah kesan elegan. Yang membedakan dari kereta ekonomi bahkan eksekutif generasi sebelumnya adalah adanya garis lampu evakuasi darurat yang biasanya terdapat pada pesawat terbang. Sehingga saat kondisi darurat dan lampu padam, penumpang dapat keluar dengan panduan lampu yang berpendar dan segera keluar dari kereta dengan aman.

Gambar 3. Kursi K3 Premium 2017
( sumber : https://jalancerita.com/2018/01/24/menjajal-ka-jayakarta-premium-kereta-ekonomi-rasa-eksekutif/ )

Gambar 4. lampu baca saat menyala
( sumber : https://news.detik.com/berita/3529630/siap-siap-tiket-ka-ekonomi-rasa-eksekutif-segera-dijual )

Gambar 5. Lampu menyala zig zag
( sumber : https://ganesaji.wordpress.com/2017/12/30/jayakarta-premium-bukan-kereta-ekonomi-biasa/ )

Untuk lampu masih sama seperti pada K3 New Image 2013 namun penyalaannya bisa diatur separuh dengan mode penyalaan zig zag yang dapat mengurangi tingkat keterangan lampu saat siang atau terutama saat malam hari disaat jam tidur. Jumlah TV yang lebih banyak juga membuat penumpang pada deret kursi ujung bisa menikmati tampilan hiburan yang di putar dari kereta makan.

Untuk kereta makan juga tampil sedikit berbeda dengan kereta makan new Image 2016 walaupun sama-sama dilengkapi genset sehingga memiliki kode MP3 ( Kereta Makan dan Pembangkit Listrik ). MP3 premium 2017 juga tampil lebih elegan dengan kursi makan 2 warna pada tiap pasangnya. Mini bar juga di rancang lebih elegan dibanding degan MP3 New Image 2017.

Gambar 6. Interior MP3 Premium 2017
( sumber : https://mudikgratis.com/wp-content/uploads/2017/08/mataram-premiium-kereta-makan.jpg )

jumlah total sarana K3 Premium 2017 ada 6 Trainset.Sebagian di luncurkan dan perdana di gunakan untuk mendukung angkutan lebaran 2017. Saat itu berstatus sebagai KA Tambahan Lebaran. Alokasi K3 Premium 2017 saat pertama di luncurkan adalah sbb :


  1. KA Gaya Baru Malam Selatan Premium , relasi Jakarta Pasar Senen - Surabaya Gubeng PP, dengan menggunakan Trainset 1 dan 2
  2. KA Madiun Tambahan ( Mantab ) Premium, relasi Madiun - Jakarta Pasar Senen PP, dengan menggunakan Trainset 3
  3. KA Mataram Premium, relasi Yogyakarta - Jakarta Pasar Senen, dengan menggunakan Trainset 4


kemudian setelah itu sisanya di gunakan untuk KA :

  1. KA Jayakarta Premium, Relasi Jakarta Pasar Senen - Surabaya Gubeng PP dengan trainset 5 ( replace KA GBMS Premium setelah masa Lebaran )
  2. KA Tawang Jaya Premium, Relasi Semarang Tawang - Jakarta Pasar senen dengan Trainset 6


Alokasi K3 Premium 2017 kemudian mengalami terus rotasi dan perpindahan relasi dan KA. Salah satunya adalah munculnya KA Wijayakusuma relasi Cilacap - Jogjakarta - Solo Balapan ) serta sempat dipakai untuk KA Mutiara Timur tambahan. kemudian 2 Trainset yaitu Trainset 1 dan 2 di kirim ke Divre 1 dan 3. Saat ini berdasarkan pengamatan dan data per Bulan Januari 2019, K3 Premium 2017 dilakosikan untuk KA-KA sebagai berikut :


  1. KA Jayakarta Premium, Relasi Jakarta Pasar Senen - Surabaya Gubeng PP
  2. KA Argo Parahyangan Premium, Relasi Bandung - Jakarta Gambir PP
  3. KA Wijayakusuma, Relasi Cilacap - Banyuwangi PP
  4. KA Sribilah Premium, Relasi Medan - Rantauprapat PP
  5. KA Kuala Stabas, Relasi Tanjung Karang - Kotabumi PP






1 comment: