Wednesday, June 17, 2015

ILMU KERETA : Apa sih Kereta Api itu ???

Selamat malam netizen..

Sebelum saya memulai mengisi atikel perdana ini, saya ucapkan "Marhabban Ya Ramadhan", selamat datang Bulan Suci nan penuh berkah dan Ampunan. Selamat Menunaikan Ibadah puasa Ramadhan 1436 H. Mari kita tingkatkan amal Ibadah di bulan Ramadhon ini agar kita bisa meraih gelar sebagai Orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT.Amiin.
Sungguh bahagia bisa memulai tulisan di blog ini tepat pada saat awal bulan Suci Ramadhan nan penuh barokah ini...




Pada posting perkenalan, saya menyebutkan bahwa saya ini seorang RAILFANS atau penggemar Kereta Api ( KA ). Nah untuk itulah saya akan mencoba share mengenai kereta api, khususnya ilmu dan pengetahuan tentang kereta api.



Kereta Api.

Apa sih Kereta Api itu? mungkin teman-teman ada yang masih belum tahu, apa yang di maksud dengan "Kereta Api" itu...
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), yang saya diambil dari website kbbi.web.id, yang di maksud dengan Kereta Api adalah kereta yg terdiri atas rangkaian gerbong (kereta) yg ditarik oleh lokomotif, dijalankan dng tenaga uap (atau listrik), berjalan di atas rel (rentangan baja dsb). Sementara kata "Kereta" sendiri menurut KBBI adalah kendaraan yg beroda. Kalo saya rangkumkan, "Kereta Api" adalah kendaraan beroda yg terdiri atas rangkaian gerbong (kereta) yg ditarik oleh lokomotif, dijalankan dng tenaga uap (atau listrik), berjalan di atas rel (rentangan baja dsb).

Sedangkan menurut Undang-Undang Perkereta-apian nomor 23 tahun 2007, yang di maksud dengan "Kereta Api" adalah Sarana perkeretaapian dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana perkeretaapian lainnya, yanag akan ataupaun sedang bergerak dijalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api.

Kalo kita baca semua definisi Kereta Api diatas, maka yang namanya kereta itu berjalan di atas rel dan mempunyai roda. nah, pasti temen-teman bakal bertanya, bagaimana dengan kereta supercepat yang disebut dengan MAGLEV ? kan dia ngga punya roda dan berjalan tidak diatas rel baja ?? atau MONOREL , dia kan juga ngga jalan di atas rel baja??.
oke deh, kita bahas hal tersebut. MAGLEV memang tidak berjalan diatas rel baja, tapi dia mempunyai jalur khusus dan si MAGLEV akan mengikuti kemanapun jalur tersebut. sebenarnya jalur tersebut bisa juga disebut sebagai "Rel", walaupun dia terbuat dari beton, bukan baja. Kemudian MAGLEV juga sebenarnya mempunyai roda, hanya saja rodanya kecil dan prinsip kerjanya kayak pesawat, jadi saat si MAGLEV sudah berjalan pada batas kecepatan tertentu, dia akan melayang dan roda tersebut akan di tarik masuk. Bagaimana dengan MONOREL ?? lha itu kan ada kata "rel"nya kan?? hehehehe...jadi jalan yang di pakai oleh si MONOREL itu ya tetap disebut Rel, walau terbuat dari beton bukan baja.




http://s.hswstatic.com/gif/transrapid.jpg
MAGLEV saat berada di Fasilitas Pengujian di Jerman.
( Sumber : http://science.howstuffworks.com/transport/engines-equipment/maglev-train3.htm )

Kemudian kenapa ada kata "Api" dalam kereta api ??, soalnya jaman dahulu, pada saat awal-awal ditemukannya kereta api, tenaga yang digunakan untuk menggerakkan si kereta api adalah uap panas yang di hasilkan dari boiler yang menggunakan pembakaran kayu atau batu bara. Nah karena yang dinamakan dengan "Pembakaran" itu identik dengan adanya api ( kecuali metabolisme tubuh mahluk hidup loh ya, kan ada tuh pembakaran lemak atau protein, hehe ), makanya dinamakanlah si sarana tersebut dengan Kereta Api. 

Seiring kemajuan teknologi, setelah tenaga uap muncullah tenaga penggerak baru untuk Kereta Api, yaitu Listrik. Tenaga yang satu ini lah yang mengubah semestinya memikirkan ulang mindset kita tentang kata "Api" pada Kereta. Mesin yang menggunakan sumber tenaga listrik, hampir dipastikan tidak ada api yang dihasilkan atau terjadi dalam prosesnya. Karena Mesin ini mengubah tenaga listrik menjadi energi gerak melalui proses elektromagnetik yang dihasilkan melalui proses interaksi medan magnet secara elektris. Dengan menggunakan tenaga listrik, daya gerak yang di hasilkan bisa lebih besar daripada menggunakan Mesin Diesel. Selain itu lebih efisien dan juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap pembakaran yang memang merupakan polusi udara. Di negara kita, kereta api yang menggunakan listrik dipakai di daerah Jabodetabek, yang dikenal dengan istlah Kereta Rel Listrik atau KRL.  
 
Ketika mesin diesel ditemukan, tenaga penggerak mulai menggunakan Mesin Diesel, Istilah Kereta Api kembali cocok lagi nih di pakai, soalnya kan pembakaran pada mesin diesel juga masih menghasilkan api walau hanya di dalam mesinnya atau di dalam komponen yang disebut sebagai Combustion Chamber / Ruang Pembakaran. Temen-temen bisa liat juga kadang kala si lokomotif diesel juga mengeluarkan api loooh di saluran pembuangannya atau di knalpot, namun fenomena ini sebenarnya menunjukkan ketidak beresan dalam mesin diesel atau ada komponen mesin yang harus diperbaiki karena pada dasarnya yang di keluarkan sebagai hasil proses pembakaran mesin diesel yang benar hanyalah asap , bukan api. Ohya, Asap yang dihasilkan juga ngga banyak looh, ngga seperti loko uap..hehehe

Sekarang ini mulai dikembangkan kereta dengan sumber tenaga baru, yaitu Medan Magnet. Sebenarnya ini merupakan pengembangan dari KRL, karena tenaga utamanya tetap menggunakan listrik. Kereta akan bergerak dengan prinsip yang sama dengan KRL, yaitu interaksi Medan Magnet. Bedanya, kalo di KRL interaksi medan terjadi hanya di dalam motor listrik penggerak roda KRL, nah di Kereta yang satu ini interaksi medan terjadi antara kereta dan relnya looh !!. Dan kereta ini juga melayang saat berjalan, sehingga dia dinamakan sebagai MAGLEV atau singkatan dari Magnetic Levitation atau bisa juga diartikan sebagai pelayangan akibat magnet..woow...keren yach..hehehe



Nah dari tulisan diatas,saya harap teman-teman bisa tau apa sih kereta api itu. Dan mengacu pada teknologi mutahir yang sudah dipakai, sepertinya kata Kereta Api akan berubah hanya menjadi "Kereta" saja di karena di KRL memang Apinya sudah gak ada ( kalo ada apinya, malah penumpangnya pada takut, hehehe )

NB : Artikel di telah dilakukan koreksi atas info dan saran dari teman-teman RAILFANS. terima kasih banyak atas koreksinya.

7 comments:

  1. terima kasih atas ilmu yang dikembangkan....sangat bermanfaat , terutama bagi orang awam dan setua seperti saya ini...salam

    ReplyDelete
  2. Keren postingannya


    Anda dalam pantauan mata mata saltik, dan anda terdeteksi saltik...
    yanag (yang).. waspadalah waspadalah.. kami mengintai anda.. hehehe

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas share ilmunya...

    ReplyDelete
  4. Matur nuwun atas ilmunya yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. mas saya boleh minta kontak sosmed ga ya? saya ingin menanyakan beberapa mengenai kereta api karena kebetulan tugas akhir saya meneliti seputar kereta mohon informasinya terimakasih

    ReplyDelete
  6. makasih ya mas udah bagi postingan beginian!

    berjuang terus ya postnya!


    August voucher deals (diskon 30ribu)

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=1.3455&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F393757927%2F%3Fsmtt%3D1.3455

    ReplyDelete