Friday, June 26, 2015

Ilmu Kereta - Jenis Sarana Kereta Api

Setelah kita tahu apa itu Kereta Api dan bagaimana sejarahnya, yuk kita bahas apa saja sih jenis-jenis sarana Kereta Api.
Pada dasarnya kereta api itu terdiri dari 2 sarana utama, yaitu Lokomotif dan Gerbong, baik gerbong penumpang maupun gerbong barang. Kemudian seiring perkembangan teknologi, muncullah rangkaian kereta berpenggerak atau yang biasa disebut sebagai Multiple Unit. Yuk kita bahas satu-satu..

LOKOMOTIF
Lokomotif merupakan sarana atau kendaraan rel yang menyediakan tenaga untuk menarik atau mendorong kendaraan atau sarana lain yang berjalan diatas rel. Kata lokomotif merupakan terjemahan dari bahasa inggris yaitu "Locomotive". Kata locomotive sendiri berasal dari latin yaitu "Loco" yang berarti "dari suatu tempat" dan Motivus yang berarti "menyebabkan pergerakan". Lokomotif merupakan sumber kekuatan yang dapat menggerakkan rangkaian kereta api yang pada umumnya berada di ujung depan pada rangkaian kereta api. Namun ada juga lokomotif yang berada di tengah atau malah di ujung belakang yang berfungsi mendorong rangkaian kereta api. Pada lokomotif terdapat mesin yang memiliki tenaga yang cukup kuat untuk menarik atau mendorong rangkaian kereta api. Lokomotif merupakan tempat masinis bekerja mengendalikan laju kereta api. Pada umumnya lokomotif dirancang dengan body yang kuat dan juga relatif lebih berat dari sarana / kendaraan rel lainnya. Hal ini diperlukan agar lokomotif bisa mempunyai koefisien gesek yang tinggi sehingga lokomotif tidak selip dan bisa menarik beban rangkaian yang berat. Lokomotif sendiri dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Menurut tenaga dan jenis penggerak yang digunakan, lokomotif dapat diklasifikasikan menjadi 3 kelompok besar yaitu :
1. Lokomotif Uap
merupakan lokomotif yang menggunakan tenaga uap yang didapat dengan cara memanaskan air dalam boiler menggunakan pembakaran kayu / batubara / residu. Uap yang didapat merupakan uap bertekanan tinggi dan dapat digunakan untuk menggerakkan roda.
2. Lokomotif Listrik
merupakan lokomotif yang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaga yang akan mencatu motor listrik untuk menggerakkan roda. Pada lokomotif listrik modern, digunakan konverter untuk mengendalikan kecepatan motor.
3. Lokomotif Diesel
merupakan lokomotif yang menggunakan mesin diesel untuk menggerakan roda. Lokomotif ini juga dapat dibedakan lagi menurut penyaluran dayanya ( transmisi ) menjadi : Lokomotif Diesel Mekanik, Lokomotif Diesel Hidrolik, Lokomotif Diesel Elektrik.




Lokomotif

Selain ketiga jenis lokomotif diatas, sebenarnya masih ada beberapa jenis lokomotif lain seperti : Lokomotif turbin gas, lokomotif fuel cell dan lokomotif Hybrid.

GERBONG dan KERETA
Gerbong merupakan kendaraan rel yang tidak dapat berjalan sendiri. Gerbong membutuhkan lokomotif agar dapat berjalan. Gerbong sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Gerbong Barang dan Penumpang yang kita sebut sebagai KERETA Penumpang. Gerbong barang dapat dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, antara lain gerbong datar, gerbong tertutup, gerbong tanki, gerbong bak terbuka / tertutup dll. Sementara Kereta penumpang dapat dibedakan menjadi kereta penumpang duduk, kereta tidur, kereta makan, kereta restorasi dll. Pada Gerbong, umumnya mempunyai sistem kelistrikan yang sederhana atau bahkan tidak ada sistem listrik sama sekali didalamnya. Sementara Kereta penumpang mempunyai sistem kelistrikan sederhana hingga kompleks yang berfungsi untuk penerangan, hiburan dan pendingin ruangan. Sistem mekanis pada kereta penumpang juga pada umumnya lebih kompleks dibanding gerbong barang, karena kereta penumpang membutuhkan tingkat kenyamanan dan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gerbong barang, kecuali untuk gerbong barang angkutan khusus yang mepersyaratkan juga faktor keamanan dan kenyamanan.
Kereta Penumpang


MULTIPLE UNIT
Multiple Unit pada dasarnya adalah penggabungan antara Lokomotif dan gerbong atau kereta penumpang menjadi satu kesatuan sarana atau kendaraan rel. Multiple Unit dapat berjalan tanpa memerlukan lokomotif karena pada rangkaiannya sudah terdapat mesin dan peralatan penggerak. Dinamakan Multiple Unit karena mesin dan peralatan penggerak tidak hanya berkumpul di satu tempat  saja, namun bisa lebih dari satu dan bisa terletak di kereta / gerbong ujung, tengah atau bahkan di semua kereta / gerbong dalam rangkaian kereta. Ruang masinis berada pada kereta yang sama dimana terdapat penumpang atau barang. Ruang masinis pada umumnya terdapat di kedua ujung rangkaian multiple unit. Kelebihan dari Multiple unit ini adalah tidak perlu adanya perpindahan lokomotif jika kereta api akan berbalik arah. Masinis hanya cukup berpindah ke ruang atau kabin kemudi yang ada di ujung lain dan mengaktifkan peralatan kendali dari kabin tersebut. Multiple Unit biasanya kita kenal sebagai KRD/KRL. Berdasarkan tenaga dan jenis transmisi dayanya, Multiple Unit dapat diklasifikasikan menjadi :
1. Diesel Multiple Unit ( DMU )
Merupakan Multiple Unit yang menggunakan mesin diesel untuk menggerakan roda. Diesel Multiple Unit ini biasa kita sebut sebagai Kereta Rel Diesel atau KRD.DMU / KRD dapat di bagai lagi menjadi Diesel Electric Multiple Unit ( DEMU ) atau Kereta Rek Diesel Elektrik ( KRDE ) dan Diesel Hydraulic Multiple Unit atau Kereta Rel Diesel Hidrolik ( KRDH )
2. Electric Multiple Unit ( EMU )
Merupakan Multiple Unit yang menggunakan tenaga listrik yang diambil melalui pantograph. EMU bisa kita sebut sebagai Kereta Rel Listrik ( KRL ). Pada EMU modern, digunakan teknologi switching pada mesin converter untuk mengubah parameter listrik agar bisa mengatur putaran motor listrik yang menggerakkan roda.







Armada KRD Di Dipo Lokomotif

Nah segitu dulu ya tentang jenis-jenis sarana Kereta api. Kalo pengen tahu lebih detail lagi, tunggu postingan-postingan saya selanjutnya yaaa :D

2 comments:

  1. Kang pengen tau lebih tentang lokomotif speknya bersal dr mana peruntukan apa saja yg ada di NKRI ini swun mas bir orang ga salah yg tau jadi tau yg tau semakin ngerti yg ngerti semakin paham good job mas Huda

    ReplyDelete
  2. nanti akan di bahas lagi lebih lengkap mas...:D

    ReplyDelete